Laman

Tuesday, September 1, 2020

Pembagian Ilmu Akuntansi

 

akuntansi

Dengan semakin banyaknya kebutuhan informasi ekonomi yang dibutuhkan oleh para pengguna informasi, timbul unsur spesialisasi yang menuntut keahlian dalam bidang yang meliputi :

  1. Pengertian Akuntansi Keuangan (Financial Accountng)

Akuntansi Keuangan adalah akuntansi yang berhubungan dengan unit ekonomi secara keseluruhan dalam bentuk laporan keuangan yang dimanfaatkan oleh berbagai pihak dalam pengambilan keputusan yang di dasarkan pada Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang berlaku.

  1. Pengertian Akuntansi Pemeriksaan/ Audit (Auditing)

Akuntansi Auditing adalah Akuntasi yang berkaitan dengan pemeriksaan terhadap laporan keuangan yang dihasilkan oleh akuntansi keuangan dengan tujuan agar informasi akuntansi dapat dipercaya, menguji ketaatan terhadap kebijakan, prsedur, peraturan yang berlaku serta memiliki daya guna suatu aktivitas bisnis.

 

  1. Pengertian Akuntansi Manajemen ( Management Acounting)

Akuntansi Manajemen adalah akuntansi yang berfokus pada informasi untuk manajemen perusahaan yang bertujuan mengendalikan kegiatan perusahaan dan menilai alternative dalam pengambilan keputusan.

  1. Pengertian Akuntansi Biaya ( Cost Accounting)

Akuntansi Biaya adalah Akuntansi yang berfokus pada penerapan dan pengendalian biaya. Fungsi utama akuntasi biaya yaitu mengumpulkan data biaya, menganalisis data biaya, baik yang telah terjadi maupun yang akan terjadi, yang digunakan oleh pihak manajemen sebagai alat pengendalian kegiatan dan penyusunan rencana biaya dimasa mendatang.

  1. Pengertian Akuntansi Pemerintah ( Govermmental Accounting)

Akuntansi Pemerintah adalah akuntasi yang berfokus pada pencatatan dan pelaporan atas transaksi-transaksi yang terjadi dalan ruang lingkup pemerintah dan mencakup aspek pengendalian atas pengeluaran dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

  1. Pengertian Akuntasi Pajak ( Tax Accounting)

Akuntasi Pajak adalah akuntansi dalam menetapkan besarnya pajak terutang tetap mendasarkan laporan keuangan yang disususn oleh perusahaan, mengingat dalam ketentuan perundang-undangan perpajakan terdapat aturan-aturan khusus yang berkaitan dengan akuntansi, yaitu masalah konsep transaksi dan peristiwa keuangan, metode pengukurannya, serta pelaporannya yang ditetapkan dengan undang-undang.

  1. Pengertian Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System)

Sistem Informasi Akuntansi adalah akuntasi dalam menyiapkan informasi keuangan yang diperlukan untuk melaksanankan kegiatan secara berdaya guna dan berhasil guna.

 

Sumber : Diktat Kuliah

 

 

 

No comments:

Post a Comment